Senin, 10 Juni 2013

5 Senjata Indonesia Saat Melawan Penjajah

Arlogi - Senjata memang barang yang sangat di butuhkan pada dunia peperangan dulu. Yah Indonesia pun tak kalah gencar untuk mengusir para penjajah pada saat itu dengan sejata seadanya.

Nah mau tahu senjata apa saja yang di gunakan para pahlawan-pahlawan kita untuk megusir para penjajah? Berikut ini senjata-senjatanya.

1. LE (Lee Enfield)


SMLE (Short Magazine Lee Enfield), merupakan bolt action rifle yang awal-awal mengadopsi sistem magasin. Pertama diproduksi oleh Inggris taun 1895 dan digunakan di dua perang dunia bahkan pada konflik afganisthan.

Sesuai namanya, senapan ini didesain oleh James Paris Lee, RSAF Enfield. Pejuang kita merampasnya dari Inggris dan Belanda. Jarak efektif: 503 m.

2. Sten Gun (Mk I - Mk VI)


Sub machine gun buatan Inggris ini mulai diproduksi taun 1941. Didesain oleh Major Reginald V. Shepherd dan Harold J. Turpin. SMG ini didesain untuk bisa mudah diproduksi massal dan murah harganya. Tidak heran kalau bentuk SMG ini simpel dan kasar.

Perbandingan harganya adalah 15 sten gun sama dengan 1 Lee Enfield. Pejuang kita merampasnya dari tentara Inggris. Rate of fire: 500 peluru/menit. Jarak efektif: 60 m.

3. M1 Garand


Mungkin inilah bolt action rifle sekutu paling terkenal di muka bumi semasa perang dunia 2. Senjata bolt action terlaris dalam sejarah. Buatan Amerika Serikat, pertama diproduksi tahun 1936. Didesain oleh John C. Garand. Dirampas dari Inggris dan Belanda. Jarak efektif 402 m.

4. Arisaka


(有 坂銃 Arisaka-jū) merupakan bolt action rifle buatan Jepang. Terdiri dari 5 varian, type 30, 38, 44, 97, 99. Pejuang Indonesia paling banyak menggunakan yang 44. Diproduksi pertama kali 1898. Dirampas dari Jepang. Jarak efektif: 400 m.

5. Bambu Runcing


Tidak lupa senjata legendaris kita yaitu bambu runcing. Senjata ini dahulu konon digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai alat perlawanan melawan penjajahan kolonialis Belanda.

Artikel ini hanyalah rangkuman dari sedikit senjata yang di pakai oleh pahlawan-pahlawan kita.
Rating: 4.5 out of 5

1 komentar:

Anonim

Bambu runcing gan, yang paling sederhana..

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Arlogi - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz