Selasa, 25 Juni 2013

5 Klub Eropa yang Mendadak Kaya


Arlogi - Sepakbola di era modern saat ini memang sudah menjadi bahan bisnis yang besar. Tapi tahukah anda bahwa ada klub-klub sepakbola Eropa yang mendadak kaya, entah itu di beli konglo merat dari belahan dunia. Dan berikut ini klub-klubnya yang telah kami rangkum.

1. Chelsea
Pada tahun 2003, Roman Abramovich menyelesaikan pembelian Chelsea dengan menggelontorkan uang sebesar 140 juta poundsterling.
Sebagai gambaran, hanya
untuk memecat sebanyak tujuh pelatih saja, Abramovic harus mengabiskan uang sebesar 86 juta pounds.

Gelontoran dana berlimpah tampaknya memberikan efek yang bagus buat 'Si Biru'. Chelsea tercatat meraih sebanyak 11 trofi sejak tahun 2003, atau boleh dibilang secara rata-rata meraih gelar setiap tahun.

2. Manchester City
Tim Inggris kembali mencuri perhatian saat Manchester City diambil alih oleh Abu Dhabi United Group, yang dipimpin oleh Sheikh Mansour pada Agustus 2008. Lepas era Thaksin, di awal musim 2008/2009, The Citizens langsung
menunjukkan diri sebagai klub dengan sokongan dana yang kuat.

Indikatornya, mereka langsung memecahkan rekor transfer Premier League setelah memboyong Robinho dari Real Madrid dengan nilai transfer sebesar 32,5 juta poundsterling. Dan BBC mencatat bahwa City total memberikan uang sebesar 10,5 juta poundsterling di bursa transfer musim lalu untuk agen-agen pemain.

3. Malaga
Pembelian Santi Cazorla menjadi pemain termahal yang dibeli dengan harga 21 juta euro. Kedatangan Cazorla itu diikuti dengan deretan pemain top lainnya semisal Joaquin Sanchez, Isco, Nacho Monreal, Jeremy Toulalan, dan juga Ruud van Nistelrooy.

Tapi, roda perputaran nasib untuk Malaga ternyata terlalu cepat. Sheikh Abdullah ben Nasser Al Thani menyetop dana untuk klub asal Andalusia itu sebab anggota kerajaan Qatar lainnya, Sheikh Hamad Al Thani, membeli Paris Saint-Germain.

4. Anzhi Makhachkala
Klub Rusia, Anzhi Makhachkala, menjadi klub kaya baru berikutnya setelah dibeli oleh pengusaha Suleyman Kerimov pada 17 januari 2011 lalu. Satu gebrakan langsung dilakukan oleh Anzhi pada awal musim 2011/2012 dengan membeli Samuel Etoo dari Inter Milan seharga 28 juta euro.

Tak hanya itu, Etoo juga menjadi pemain dengan gaji tertinggi di dunia dengan bayaran 20,5 juta euro per tahun setelah pajak dalam durasi kontrak selama tiga musim. Dana sekitar 200 juta dollar US kabarnya juga sudah siap digelontorkan oleh Kerimov guna membangun infrastruktur penunjang klub.

5. Paris Saint-Germain
Klub Prancis, Paris Saint-Germain, kaya mendadak setelah 70 persen sahamnya dibeli oleh Qatar Investment Authority, yang dimiliki Perdana Menteri Qatar, Sheikh Hamad Al Thani, mulai tahun 2011. Les Parisiens langsung melakukan belanja besar senilai 93,3 juta poundsterling untuk memperkuat skuat menjelang musim 2011/2012.

Merasa skuatnya belum cukup kuat, PSG kembali jor-joran di bursa transfer musim lalu. Mereka menggelontorkan uang sebesar 129,3 pounds untuk kembali memboyong bintang-bintang kelas satu. Zlatan Ibrahimovic, Ezequil Lavezzi, Marco Veratti, Thiago Silva, dan yang terakhir Lucas Moura merupakan bintang yang mereka datangkan.
Rating: 4.5 out of 5

1 komentar:

Unknown

Tambahin 1 gan , AS Monaco klub kaya kayak PSG

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Arlogi - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz